Pages

Wednesday, April 15, 2009

Koperasi,,lembaga pemberdayaan masyarakat yang dilupakan

Pemikiran ini saya daptkan saat saya belajar di kelas koperasi Pak Pius,dosen yang menurut saya keras, namun dapat menyampaikan materinya dengan sangat baik. Hal yang saya ingat adalah ia selalu memberikana kata2 kunci dan menawarkan aplikasi yang mendekati sebuah bentukmodel perekonomian ideal bagi Indonesia, begitulah ia menggambarkan koperasi.

Saya tidak akan bertele-tela memulai dari sejarah koperasi. Saya akan memulai dari identitas koperasi, dimana pembahasan ini akan saya nagi menjadi 3 sub, identitas koperasi, aliran2 singkat dari mahzab koperasi, dan manfaat koperasi.

BAB I - IDENTITAS KOPERASI
Koperasi adalah bentuk usaha bersama para anggotanya yang secara sengaja bersama berkumpul dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya dan bekerjasama demi mencapai tujuan bersama koperasi dalam memberikan maksimisasi manfaat

BAB II - Aliran Koperasi
a. Aliran Sosialis - aliran yang menyatakan bahwa koperasi adalah tujuan terakhir dalam sebuah perekonomian, berdasar atas sosialisme dan menindas imperialisme

b. Aliran Persemakmuran Koperasi
Aliran yang sejalan dengan dasar pokok Bung Hatta dalam merumuskan Koperasi. Menurut aliran ini koperasi dapat dijadikan lembaga dalam mengatasi persaingan yang tidak sehat dalam perekonomian, dengan menjadikan koperasi sebagai usaha utama dan satu-satunya di perekonomian, dan apabila ada perusahaan swasta akan ditempatkan di peringkat ke-2,, dengan tetap mengutamakan koperasi

Bung Hatta menuturkan : Perekonomian Nasional yang terintegrasi dan berazas kekeluargaan adalah ideal. Dan itulah koperasi. Perekonomian Nasional yang berdasar koperasi adalah ideal kita.

BAB III - Manfaat Koperasi
Koperasi dapat memberikan manfaat yang sangat besar dalam perekonomian, baik dalam perekonomian mikro dan makro. Dalam segi mikro, koperasi dapat memberi manfaat dalam perseorangan. Hal ini berarti koperasi memberikan manfaat bagi anggota dan bagi masyarakat . Hal ini dapat ditunjukan dengan koperasi memberi manfaat akan kemudahan harga, kemudahan akan penyediaan barang konsumsi, koperasi menyediakan kepastian bagi para anggotanya. Namun disini saya akan membahas dari segi mikro dlu...

Contoh : Bagi para petani sebagai tempat mereka membeli pupuk dan benih padi. Kemudahan yang dilihat disini adalah bagaimana petani memanfaatkan kemudahan yang diberikan koperasi, kepastian barang dan kemudahan harga. Lalu saat panen dan petani, koperasi dapat dimafaatkan sebagai tempat memasarkan barang hasil penen mereka. Kemudahan apa yang kita dapat disini? Yang pertama adalah kepastian akan pemasaran, petani tahu kemana mereka akan memasarkan barang mereka. Yang kedua harga yang diberikan koperasi sangat kompetitif baik harga beli dan harga jual nantinya. Yang ketiga dalam koperasi pemasaran, dapat melindugi para ditributor dari serangan pembeli dlam penetapan harga, karena dengan adanya koperasi kita dapat membentuk harga kesepakatan, dimana pembeli tidak dapat secara sepihak menentukan harganya.

Dalam koperasi konsumsi, jenis koperasi yang paling banyak, koperasi dapat berperan dalam penyediaan kebutuhan anggota, memastikan bahwa anggota mendapatkan cukup pemuasan kebutuhan dan mendapatkan barang dengan harga yang terjangkau.

Salah satu manfaat koperasi yang sangat berperan besar bagi kemajuan masyarakat adalah pemberdayaan masyarakat miskin. Koperasi dalam sisi ini melakukan pemberdayaan bagi masyarakat miskin dengan prinsip "self-help". Konsep bahwa masyarakat miskin harus berusaha sendiri, mandiri yang diiringi oleh kerja keras dengan memanfaatkan koperasi sebagai wadahnya. Koperasi seperti yang disebut diatas memberikan banyak kemudahan yang diberikan bagi anggotanya seperti harga yang murah, kepastiaan penyediaan barang, kemudahan dalam bertransaksi, koperasi memiliki banyak manfaat apabila masyrakat miskin dapat menyadarinya.

Contoh : Masyrakat miskin bergerak dalam bidang usaha penjualan pakaian, bagaimana koperasi dapat memanfaatkannya?
Pertama : Pedagang Kain memiliki kesulitan dalam mendanai usahanya, ia dapat meminjam uang kepada koperasi simpan pinjam, menyediakan pinjaman lunak atau tidak berbunga pada anggotanya. Sehingga anggota dapat mendanai usahanya. Tugas koperasi adalah mengawasi dalam usahanya, apakah dijalankan dengan benar dan pembiayaan hutangnya. Dengan mendapatkan dana yang cukup pedagang diharapkan dapat menjalankan usaha dengan baik bekerja keras untuk memajukan usahanya.

Kedua : Dengan adanya koperasi,,pedagang akan terbantu masalah pemasarannya..Pedagang dalam beberapa hal mendapat kesulitan saat harus mencari pangsa pasar yang cocok, diakibatkan karena persaingan. Koperasi dapat berperan dalam mencari dan menjamin pemasaran dan distribusi produk.

Kemudahan tersebut berarti memberi kepastian usaha agar masyarakat miskin yang menjadi anggota koperasi, memanfaatkan koperasi dengan baiK, menjamin ketersediaan barang konsumis dan persediaan yang diperlukan oleh para anggotanya.

0 komentar:

Post a Comment