Pages

Thursday, April 16, 2009

Pentingnya pencanangka program Human Resource di Indonesia chap. I

Human Resource Development adalah program pengembangan sumber daya manusia secara terpadu terhadap pengelolaan aspek kehidupan, kerja, performa dan life quality dalam aspek manusia. Pengembangan ini merupakan salah satu sektor pengembangan yang penting dan dicanangkan semua pemerintahan di Dunia ; untuk membangun manusia yang cerdas dalam berpikir dan mengambil keputusan, dan mentalitas. Asoek ini sangat penting, bagi suatu negara, sebagaimana yang dikatakan " Sebuah negara yang maju berasal dari masyarakat asli negaranya yang maju pula, yang mampu berpikir jauh kedepan, dinamis pada perubahan yang ada dan mampu mengapliasikan teknologi dengan baik". itulah dasar mengapa HRD sangat penting nagi Indonesia,,mengingat kapasitas penduduk Indonesia yang masih jauh dari kapasitas masyarakat maju.

Masyarakat Jepang mengenal adanya Kaizen, sebuah prinsip yang datang dari barat pada zaman 1900-an. Kaizen sendiri berarti pembangunan yang kontiniu, yang memandang tinngi apada aspek pengembangan sumber daya manusia. Bagaimana Kaizan diterapkan di Jepang? Kaizen memandang 3 hal dalam pengembangan SDM :
1. Memandang bahwa SDM adalah aset penting bagi perusahaan
2. Mengadakan evaluasi rutin, dan memberikan perubahan-perubahan secara rutin bagi karyawan,,dan menhindari perubahan secara besar-besaran
3. Mengadakan penilaian kepada karyawan berdasarkan penilain kualitatif dan secara berkala..

3 hal itulah yang memajikan pengembangan SDM di Jepang. Pada dasarnya mengerti akan kebutuhan masyarakat dan mengerti akan pentingnya pendidikan bagi masyarakat adalah penting. Banyaknya masyarakat miskin, rendahnya produktivitas per kapita, tingginya kriminalitas, adalah hasil dari masyarakat tidak terdidik. Pada hakekatnya untuk mencapai kemajuan diperlukan pembinaan pada masyarakat, pembinaan mental yang cukup dan melibatkan mastayarakt secara keseluruhan agar masyarakat merasa dirinya turut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan.

Beberapa program pemerintah yang selayaknya kita harus dukung untuk pengembagan masyarakat :
1. Pendidikan Wajib 9 Tahun.
Kita tidak bisa membenarkan lagi bahwa pendidikan adalah hak tiap orang, yang bisa ditolak. Pendidikan harus wajib diberikan kepada anak Indonesia paling kurang 9 tahun, sampai mereka memiliki kemampuan dasar, dan apabila memungkinkan menempuh pendidikan 12 tahun, seperti yang dicanangkan di Singapura dan negara maju lainnya.

Pemerintah disini hendaknya memberikan bantuan dalam pendanaan pendidikan terkait dengan minimnya kemampuan para orang tua untuk membiayai anaknya sekolah. Program bantuan BOS yang ada sudah dinilai baik, namun masih harus diperbaiki dalam masalah ketepatan penyaluran, efisiensi biaya administrasi, dan efektifitas kerja yan harus ditingkatkan. Selain itu, dana APBN yang dicangkan sebesar 20%,harus dapat tersalurkan dengan baik.

2. Peningkatan kesejahteraan dari segi kesehatan(perbaikan gizi)
Usaha pemerintah dalam meningkatkan kesehatan dan memperbaiki papan(perumahan) sangatlah penting dalam mendukung usaha memajukan SDM. Di Indonesia Timur data menunjukkan tingkat kematian bayi ( natalitas) yang tinggi, serta tingkat kerawanan penyakit yang tinggi bagi masyarakat. Data menunjukkantingkat kematian bayi di Indonesia mencapai 33 bayi dari 1000 angka kelahiran, dan tertinggi di ASEAN.

Usaha peningkatan gizi dan kesehatan gizi dan kesehatan sangat penting,dalam tujuan : 1. Meningkatan cakupan gizi anak Indonesia dalam perbaikan kemampuan intelegensi anak, 2. Menurunkan biaya dari keluarga dalam bidang kesehatan dan berfokus pada pemenuhan kebutuhan lainnya, 3. Menumbuhkan usaha keluarga dalam peningkatan program KB, dalam menahan laju penduduk di Indonesia

beberapa kebijakan yang dapat ditempuh pemerintah :
1. Meningkatkan anggaran dana bagi kesehatan, untuk menyediakan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin
2. Intensifikasi sosialisasi pada rakyat miskin dalam bantuan pelayanan kesehatan
3. Menyediakan post/tempat layanan kesehatan gratis, bagi imunisasi balita, posko layanan kesehatan masyarakat terpadu.

3, Pemberantasan Korupsi
Pengembagangan dalam hal ini dapat digolongkan kepada pengembangan moral, yang sangat penting dalam etika berperilaku sebagai masyarkat. Untuk masalah pemberantasan korupsi hal ini perlu secara intens kita perhatikan. Mengapa?. Hasil survey ICW pada tahun 2007, mencatat IPK (Indeks Persepsi Korupsi) di lembaga peradilan mencapai 100%,IPK Bea Cukai, mencapai 95%, imigrasi (90%), dan DPRD (90%), kemudian disusul instansi lain seperti Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN (86%), Dinas Tenaga Kerja-Pemda (84%), Dinas Kimpraswil-Pemda (82%), institusi pemberi izin usaha (82%), Badan Pertanahan Nasional (87%), dan militer (80%).

Hal ini secara langsung memperlihatkan betapa korupnya negeri ini, yang merupakan hasil dari masyarakat yang tidak terdidik. Pemberantasan korupsi harus dapat diturunkan dari tahun ke tahun untuk menyelamatkan dana pembangunann yang dislahkgunakan. Sesuai data dari ICW pada periodwe 2005-2006 Indonesia menempati peringkat 126 dunia, namun dengan perbaikan dan koreksi dari KPK angka korupsi berhasil ditekan tiap tahunnya dan mencapai peringkat 100 besar,

0 komentar:

Post a Comment